Contoh Surat Pembaca


Haii>< Lama gak main blog nih. Nah, kali ini WBC pengen nge-share tugas yang dulu pernah diberikan pas SMP kelas 9. Ini dia contoh surat pembaca yang ditujukan untuk sekolah.


WC Sekolah

Kepada guru, staff,dan kepala sekolah SMP Suka Mundur
WC atau toilet merupakan salah satu sarana yang penting dalamsebuah sekolah. Tanpa WC, siswa tida dapat mengeluarkan kotoran yang berupa benda cair maupun padat dalam tubuh mereka ketika sedang berada di lingkungan sekolah. Para pakar kesehatan mengemukakan bahwa, jika sesorang sering menahan untuk membuang air seninya, maka akan beresiko terkena penyakit kencing batu. Begitupula, bagi seseorang yang menahan untuk buang hajat maka akan beresiko mengalami sembelit dan susah buang air besar.
Sebuah WC haruslah bersih agar dapat memberikan kesan nyaman bagi penggunanya. Selama saya bersekolah di sini,  selama kurang lebih 3 tahun, WC di sekolah ini selalu kotor, bau, dan menjijikkan. Seperti WC yang tidak terawat. Disana, terdapat sarang laba-laba di plafon dan sudut ruangan. Airnya juga kotor, terdapat lapisan seperti debu atau kotoran yang mengendap di bagian bawah air. Sepertinya bak mandi tidak pernah dibersihkan atau diganti airnya. Seperti WC umum yang tidak diperhatikan, bau pesing, busuk, dan menyengat hidung akkan hinggap ketika kita berjalan melewati WC tersebut, terleih ketika berada di dalamnya. Tentu saja hal ini membuat saya merasa tidak nyaman ketika menggunakan WC sekolah.
Di dalam WC tersebut tidak ditemukan adanya sikat pembersih lantai, sikat toilet ataupun alat pembersih WC lainnya. Hanya terlihat kamper yang nyatanya kurang ampuh untuk mengusir bau yang mengusik ketika di WC. Terkadang saya temukan kamper tersebut tercebur di dalam bak mandi, kemudian beberapa hari kemudian kamer tersebut berpindah lagi ke bagian lantai yang kotor di kamar mandi. Sebenarnya, ini adalah tugas siswa untuk turut menjaga sarana prasana sekolah. Tetapi, bagaimana ini menjadi tanggung jawab siswa jika alat pembersih saja tidak ada? Maka dari itu, sebagai pihak yang berwenang untuk mengurus urusan kebersihan lingkungan sekolah, saya harapkan agar kritik saya terhadap WC sekolah tercinta kita ini diberikan tindakan yang tepat untuk menghadapi masalah ini, demi kenyamanan siswa dan warga sekolah kedepannya.

Gimana? mau copas? silahkan, jangan lupa komentarnya yah^^ Semoga membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Explanation Text : How Aurora Phenomena Happen

Sosiologi Sebagai Metode

How To Make Speech (Cara Membuat pidato Bahasa Inggris)