Tugas Diskusi


 Ada tugas untuk membuat diskusi? Butuh topik, ataupun powerpointnya? Nah, mimin WBC punya nih salah satu powerpoint. Bahasannya tentang "Vonis Mati Bagi Pengedar Narkoba" Ini dulu tugas mimin waktu kelas 9 XD Yah, bagi-bagi lah buat kalian semua yang mimin cintai dan sayangi *eehh*

Check Powepointnya di sini

Okay, mari kita pelajari cara mempresentasikannya..

Jadi, di slide pertama ada nama acara untuk diskusi kalian. sebenernya kalian bisa ganti nama diskusinya, tapi punya mimin dulu nih yah namanya Diskusi Rakyat. Nah di sini kalian yang jadi pembawa acara harus memperkenalkan nama acara kalian. Jangan lupa di awal kalian ucapkan salam (kalo non-islam bisa diganti kok, ora opo-opo XD). Okay?
Misalnya :
"Assalamu Alaikum Wr.Wb. Bertemu lagi dengan saya *sebut nama* di acara 'Diskusi Rakyat'. Dimana kita akan mendiskusikan masalah-masalah yang terjadi di kalangan rakyat khususnya rakyat Indonesia.

Nah, lalu lanjut ke slide berikutnya..

 Ada aturan berdiskusi.. Kalian tinggal bacakan aturannya agar diskusi berjalan aman lancar dan terkendali (ini sesuai materi Bhs.Indonesia kelas 9 kok XD ).

Slide ke tiga ini kalian sebutkan topik diskusi, mengenai apa yang akan kalian bahas dalam diskusi kali ini. Ingat yah, diskusi dan debat berbeda. Diskusi lebih kepada musyawarah untuk mendapatkan suatu informasi dan jalan keluar untuk kepentinan bersama. Berbeda dari debat yang mementingkan pendapat sendiri, benar atau salah mereka harus tetap mempertahankan argumennya. Jelas bedanya kan?

Slide selanjutnya, kalian tinggal jelaskan apa itu narkoba, kenapa narkoba itu bahaya dan tak boleh disebar luaskan.

Slide ke lima, kalian mulai masuk pada permasalahan. Tentang aturan yang diterapkan pemerintah tentang pengedar narkoba.

Slide ke enam sudah lebih menjorok lagi permasalahannya. Jadi, berikan permasalahan yang akan di bahas oleh peserta diskusi. Tentang penjabaran pro dan kontra yang terjadi karena penetapan peraturan tersebut.

Lanjut untuk 2 slide terakhir adalah sebuah penegasan, sekedar bumbu untuk menyalakan semangat diskusi.

Setelah itu, silahkan memberikan kesempatan pada peserta diskusi untuk menjabarkan pendapatnya. Usahakan pembawa acara ini mengontrol dengan baik jalannya diskusi.

*Pada saat diskusi berlangsung*
Anggota tim yang sedang mengadakan diskusi boleh juga memberi masukan dan saran atau menjadi penengah antar kedua belah pihak yang memiliki pendapat yang berbeda. Jangan lupa search materi tentang narkoba ini agar kelompok diskusimu bisa menjadi penengah atau berpendapat. Untuk notulen jangan lupa menulis beberapa pendapat anggota diskusi untuk kemudian disimpulkan pada akhir acara.

Oke, sekian dulu dari mimin WBC, moga bermanfaat ^^ Kalau ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Explanation Text : How Aurora Phenomena Happen

Sosiologi Sebagai Metode

How To Make Speech (Cara Membuat pidato Bahasa Inggris)